Budidaya Tanaman Hias Anggrek

20634 views

Budidaya Tanaman Hias Anggrek - Tanaman hias yang satu ini juga menjadi primadona. Yah, dia adalah tanaman anggrek. Anggrek biasanya disukai karena warna bunganya yang bermacam-macam. Anggrek juga termasuk tanaman hias yang unik, karena tidak menggunakan media tanam berupa tanah, media tanam anggrek yang sangat umum adalah dengan menggunakan arang. Jika anda benar-benar menyukai tanaman hias, anda pasti memahami jika anggrek memiliki tingkatan dalam harganya, ada yang harganya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut dianggap menjadi salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan, sehingga banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya tanaman hias anggrek ini.

Cara budidaya tanaman hias anggrek juga bisa dibilang tidak terlalu rumit. Jadi jika anda ingin mencobanya anda tidak perlu takut merasa kesulitan. Jika dilihat dari pola tumbuhnya, anggrek dibagi menjadi dua jenis, yaitu anggrek jenis simpodial dan monopodial. Jenis simpodial adalah jenis anggrek yang tidak mempunyai batang utama,dan bunganya keluar dari ujung batang. Sedangkan jenis monopodial merupakan jenis anggrek yang ciri utamanya adalah,memiliki titik tumbuh pada bagian ujung batang.

Budidaya Tanaman Hias Anggrek

Sedangkan jika dibedakan berdasarkan sifat hidupnya, anggrek dibedakan menjadi 3 jenis yaitu Anggrek Ephytis, Anggrek semi ephytis dan Anggrek tanah. Anggrek ephytis merupakan tipe anggrek yang hidupnya menumpang pada batang tumbuhan lain, namun tidak akan merugikan atau merusak tanaman yang ditumpangi. Ini karena anggrek mencari makanan dari akar udaranya. Anggrek semi ephytis merupakan anggrek yang masih menempel namun tidak sepenuhnya. Sedangkan tipe anggrek tanah merupakan anggrek yang hidupnya tidak menumpang pada tumbuhan lain melainkan ditanah.

Artikel Terkait = Ekosistem Budidaya Tanaman Hias

Untuk melakukan budidaya tanaman hias anggrek, anda harus memperhatikan tempat dan cuaca yang cocok. Iklim yang cocok untuk melakukan budidaya tanaman hias anggrek adalah yang memiliki suhu minimal 15o C. Anggrek membutuhkan kelembaban udara hingga 70% pada siang hari, namun tanaman anggrek juga tidak dapat hidup dengan baik jika berada pada tempat yang terus menerus diguyur hujan. Ini karena tanaman anggrek membutuhkan paparan sinar matahari langsung untuk dapat hidup dan berbungan secara optimal. Tanaman anggrek juga tidak terlalu terpengaruh dengan angin pada lingkungannya.

Teknik Budidaya Tanaman Hias Anggrek

Teknik Budidaya Tanaman Hias Anggrek

Hal lain yang perlu anda perhatikan jika anda ingin melakukan budidaya tanaman hias anggrek adalah mengenai ketinggian tempat yang tempat anggrek akan tumbuh, yang dibagi sebagai berikut :

1. Jenis Anggrek Panas

Jenis ini dapat hidup pada ketinggian hingga 650 meter diatas permukaan laut. Anggrek jenis ini akan membutuhkan suhu mulai dari 26 hingga 30o C. Contoh untuk anggrek jenis ini adalah Onchidium Papillo, Dendrobium phalaenopsis dan Phapillopedillum Bellatum.

2. Jenis Anggrek Sedang

Pada jenis anggrek sedang ini, suhu yang paling baik untuk anggrek dapat hidup dengan baik adalah 21o C untuk siang hari dan bisa pada suhu 17o C pada malam hari. Anggrek jenis sedang ini biasanya berada pada ketinggian 150 hingga 1500 meter di atas permukaan laut.

Post Terkait = Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan

3. Jenis Anggrek Dingin

Untuk anggrek jenis ini sangat jarang untuk bisa hidup di Indonesia karena anggrek ini hanya bisa hidup dengan baik pada suhu yang cukup dingin yaitu pada sekitar 15 o C. Contoh untuk anggrek jenis ini adalah jenis anggrek Cymbidium.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui jika ingin melakukan budidaya tanaman hias anggrek.. Cara melakukan budidaya tanaman hias anggrek juga bukan cara yang mudah, jadi akan dibutuhkan kesabaran yang lebih untuk melakukannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.