Budidaya Tanaman Hias Aglaonema

21284 views

Budidaya Tanaman Hias Aglaonema - Mungkin anda masih merasa asing dengan nama Aglaonema, dan bertanya-tanya tanaman hias jenis apa ini. Namun pasti anda sangat familiar dengan tanaman hias Sri Rejeki. Ya, Aglaonema adalah nama keren dari Sri Rejeki. Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias yang hampir selalu ada pada pekarangan setiap orang yang hobi menanam tanaman hias. Karena itu banyak pelaku budidaya yang tertarik melakukan budidaya tanaman hias Aglaonema.

Tanaman hias yang satu ini disukai karena bentuk dan warna bunganya yang khas dan menarik, selain itu tanaman Aglaonema juga cocok ditempatkan di teras maupun di dalam rumah anda. Karena semakin banyak orang yang tertarik melakukan budidaya tanaman hias Aglaonema, maka semakin banyak orang juga yang mencari tahu cara budidaya tanaman hias Aglaonema.

Sebelum membahas lebih jauh tentang budidaya tanaman hias Aglaonema, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu tentang tanaman Aglaonema ini. Tanman Aglaonema ini memiliki habitat asli di daerah hutan hujan tropis, dapat tumbuh dengan baik pada tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi, dan pada tempat yang tidak terlalu disinari oleh matahari.

Tanaman Hias Aglaonema

Semakin kesini, semakin banyak orang yang mengembangkan tanaman Aglaonema ini dengan berusaha menciptakan Aglaonema jenis baru dengan berbagai teknik penanaman. Pada klasifikasi ilmiahnya, Aglaonema termasuk dalam ordo Alismatales, famili Araceae dan genus Aglaonema.

Artikel Terkait = Ekosistem Budidaya Tanaman Hias

Karena jenisnya yang beragam, sifat Aglaonema juga beragam, ada yang harus hidup pada tingkat kelembaban yang tinggi, ada juga yang harus terkena paparan sinar matahari. Jika anda ingin melakukan budidaya tanaman hias Aglaonema, anda harus memperhatikan cahaya, lokasi, suhu dan kelembaban tempat untuk menanam Aglaonema.

Untuk beberapa jenis Aglaonema yang biasa anda temui, tempat yang cocok untuk budidaya tanaman hias Aglaonema adalah pada ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut. Kelembaban yang paling tepat untuk melakukan budidaya tanaman hias Aglaonema adalah pada 50% hingga 70%.

Media tanam yang baik untuk melakukan budidaya tanaman hias Aglaonema adalah media yang memiliki tingkat keasaman pH dan porous yang tepat. Jika anda belum memahami porous, porous memiliki arti tidak sulit untuk mengeluarkan air jika terjadi kelebihan air.

Budidaya Tanaman Hias Aglaonema

Budidaya Tanaman Hias Aglaonema

Ada beberapa variasi untuk menentukan perbandingan media tanam budidaya tanaman hias Aglaonema, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sekam bakar, pasir malang, pakis, humus dengan perbandingan satu banding satu pada setiap elemennya
  • Pasir malang, cocopeat, sekam bakar dan pakis dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 2
  • Sekam bakar, cocopeat, pasir malang dan pakis dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 2
  • Kompos organik, sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 2 : 3 : 5
  • Kaliandra, pasir malang dan pakis dengan perbandingan 1 : 2 : 3

Baca Juga = Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan

Penjelasan dari media tanam budidaya tanaman hias Aglaonema tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sekam Bakar

Media tanam ini merupakan salah satu media tanam yang paling steril dan dapat tahan digunakan hingga usia 1 tahun. Kelemahan dari sekam bakar adalah daya serap air yang kurang baik.

  1. Pakis

Pakis juga dapat bertahan cukup lama dan dapat menyimpan dan menyerap air dengan cukup baik.

  1. Pasir Malang

Pasir malang baik digunakan, karena dapat mecegah terjadinya penggenangan air ketika menanam tumbuhan.

  1. Kaliandra

Kaliandra banyak digunakan untuk media tanam pada tempat yang kering, karena dapat memberikan efek lembab.

  1. Cocopeat

Media tanam ini merupakan olahan sabut kelapa yang siap untuk dijadikan media tanam seperti kaliandra, cocopeat juga memiliki efek melembabkan.

Selamat mencoba budidaya tanaman hias Aglaonema.