Budidaya Kangkung Dalam Polybag

57306 views

Kangkung adalah jenis tanaman sayur yang mudah hidup di air maupun di darat. Kangkung yang hidup di air biasanya tumbuh dia persawahan atau rawa, ciri dari kangkung air adalah warna daunnya yang hijau gelap dan batangnya berwarna kemerahan. Sedangkan kangkung yang hidup di darat memiliki ciri warna daunnya hijau muda dan bentuk daunnya menjari.Tumbuhan kangkung sering sekali dijadikan sebagai sayuran atau bahan untuk masakan. Kangkung memiliki rasa yang enak dan juga guruh, sehingga kangkung menjadi salah satu sayuran yang wajib untuk dihidangkan bersama dengan hidangan lainnya. Budidaya kangkung dalam polybag juga sangat mudah untuk dilakukan.

Banyak orang yang menanam kangkung hanya untuk sekedar dikonsumsi sendiri dan melepas hobi bercocok tanam. Namun tidak sedikit juga para petani yang menanam kangkung sebagai peluang bisnis. Sayuran kangkung memiliki peminat yang cukup banyak, tidak hanya kalangan orang yang memiliki kelas ekonomi rendah, akan tetapi orang yang memiliki kelas ekonomi yang tinggi juga gemar mengonsumsi sayuran kangkung sebagai bahan masakan.

Budidaya Kangkung Dalam Polybag

Budidaya Kangkung Dalam Polybag

Namun dalam bercocok tanam sering kali yang menjadikan masalah adalah lahan yang dimiliki tidak dapat ditanami tanaman sesukanya. Jika ingin menanam tanaman, maka dibutuhkan lahan tanah yang cukup luas. Daerah perkotaan saat ini sudah jarang memiliki lahan yang luas yang dapat digunakan sebagai media bercocok tanam. Akan tetapi saat ini banyak berbagai cara yang dapat dilakukan untuk sekedar meluapkan hobi bertanam, salah satunya adalah dengan budidaya kangkung dalam polybag.

Polybag adalah menanam tanaman ke dalam kantong plastik hitam. Cara ini dapat digunakan untuk membudidayakan tanaman kangkung, selain tidak membutuhkan lahan yang luas cara ini juga sangat mudah dan hemat untuk dilakukan. Dan berikut ini cara-cara menanam kangkung dengan menggunakan polybag :

1. Cara A

  • Langkah awal adalah sediakan media tanam dengan menggunakna polybag, masukan tanah dan pupuk yang sudah tercampur ke dalam polybag.usahakan untuk memberikan pupuk organi sehingga tanaman yang akan dihasilkan akan terbebas dari bahan kimia yang berbahaya.
  • Pilihlah bibit kangkung yang unggul dengan kualitas yang baik dan tidak busuk atau cacat. Penyemaian bibit kangkung dilakukan ke dalam pot atau wadah yang besar. Setelah bibit kankung mulai tumbuh hingga terdapat 3 sampai 5 helai daun lalu pindahkan ke dalam polybag yang sudah disiapkan. Dalam satu polybag dapat menampung sekitar 2 sampai 3 batang kangkung untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan juga dapat tumbuh dengan baik.
  • Lakukan penyiraman dalam waktu 2 kali dalam sehari agar tanah tidak kering dan juga tidak terlalu lembab

Harus Baca = Cara Menanam Kangkung Di Polybag

2. Cara B

  • Siapakan bahan seperti polybag, benih kangkung darat, tanah humus, pupuk kompos, dan pupuk urea.
  • Isilah polybag dengan tanha humus dan pupuk kompos secukupnya
  • Kemudian tanam biji kangkung di tengah polybag sebanyak 3 biji, di dalam satu polybag terdapat 3 titik lubang sehingga dalam satu polybag terdapat 9 biji kangkung.
  • Setelah biji ditanam tambahkan pupuk kompos diatasnya hingga merata
  • Lakukan perwatan dengan baik dengan menyiram tanaman denga air secukupnya hingga kangkung tumbuh subur. Dengan menyiram setiap pagi dan sore hari secara teratur. Tumbuhan kangkung yang berusia 1 hingga 2 minggu akan diberi pupuk urea secukupnya, danusahkan untuk menjaga tanaman terhindar dari rumput liar yang tumbuh.
  • Masa panen tumbuhan kangkung biasanya berkisar antara 30 sampai 45 hari. Sebagai peluang bisnis Budidaya Kangkung Dalam Polybag akan memiliki hasil dan kualiatas kangkung yang kebih baik daripada ditanam di lahan yang besar.