Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag

34401 views

Budidaya cabe merah dalam polybag itu bagaimana sih ? Cabe sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menyembuhkan radang, meningkatkan system imun tubuh, melegakan pernafasan, menurunkan berat badan, hingga anti kanker. Menanam cabe juga menguntungkan, karena harganya fluktuatif. Biasanya menjelang hari-hari besar, harga cabe menjulang tinggi dan ini tentu saja menguntungkan petani maupun yang sekedar menanam untuk dikonsumsi sendiri, karena menghemat pengeluaran. Selain itu cabe mudah tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan cabe, khususnya cabe merah.

Untuk anda yang tidak memiliki lahan luas jangan berkecil hati, karena ada cara budidaya cabe merah dalam polybag. Polybag yang telah ditanami cabe, nantinya bisa disusun pada rak sehingga menghemat lahan. Bila anda bertujuan budidaya cabe merah dalam polybag untuk dikonsumsi sendiri, dua polybag tanaman saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag

Berikut adalah tahapan budidaya cabe merah dalam polybag yang bisa anda lakukan :

Budidaya Cabe Merah Dalam Polybag Yang Pertama Adalah Penyemaian

Buatlah media untuk menyemai bibit. Penyemaian penting dilakukan untuk menyeleksi benih yang bagus. Benih yang pertumbuhannya kerdil atau berpenyakit dan cacat, bisa diketahui melalui proses penyemaian ini. Caranya yaitu :

  • Media semai berupa petakan sesuai kebutuhan, campurkan tanah dengan pupuk kompos (pupuk kandang) hingga merata dengan ketebalan 5-10 cm.
  • Semailah bibit dengan jarak kira-kira 10 cm lalu siram dengan hati hati.
  • Setelah itu, tutup media semai dengan karung goni yang telah dibasahi untuk menjaga kelembaban tanah.
  • Setelah 4 hari, buka karung goni dan tutup media dengan plastik transparan, ini agar terhindar dari air hujan dan paparan sinar matahari secara langsung.
  • Bila umur bibit telah mencapai 3-4 minggu dan telah tumbuh 4 helai daun, maka bibit telah siap untuk dipindahkan pada media tanam.
Budidaya Cabe Merah

Cotoh Budidaya Cabe Merah

Yang Kedua Adalah Persiapkan Media Tanam

  • Beberapa campuran tanah yang dapat dipilih adalah :
  1. Campurkan tanah, arang sekam, dan pupuk kompos 1:1:1
  2. Campurkan kompos dengan tanah, perbandingannya 1:2
  3. Campurkan pupuk kandang dengan tanah, perbandingannya 1:2

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

  • Anda bisa memilih polybag ukuran 30 cm agar kuat untuk menopang tanaman cabe nantinya. Atau bisa menggunakan pot, botol bekas, atau pot keramik, pastikan di bawahnya sudah diberi lubang untuk proses drainase nantinya.

Yang Ketiga Adalah Penanaman

Buatlah lubang sekitar 5-7 cm untuk menanam bibit. Pindahkan bibit beserta tanah pada akarnya  ke dalam media tanam, jaga supaya akarnya tidak rusak. Dan sebaiknya pada pagi atau sore hari.

Yang Keempat Adalah Perawatan

  • Penyiraman tanaman cabe merah ( Cara Bercocok Tanam Cabe Rawit )dilakukan minimal 3 hari sekali. Namun ketika musim panas dan matahari sangat terik, siramlah setiap hati tapi jangan terkena daun dan buahnya agar tidak busuk.
  • Semprotan pupuk organic cair saat daun dan buah mulai tumbuh. Anda bisa menambahkan satu kepal pupuk kandang saat tanaman mulai akan berbuah.
  • Setelah tanaman tumbuh 20 cm, berikan penopang dari bambu agar tanaman tetap bisa berdiri tegak.
  • Siangilah rumput liar yang ada di sekitar pohon cabe beserta buah daun yang mati.

Yang Terakhir Adalah Pemanenan

Pemetikan buah bila untuk dijual sebaiknya saat belum sepenuhnya merah, ini agar tidak cepat busuk sebelum terjual di pasaran. Buah yang belum merah seluruhnya, bisa bertahan hingga 3 hari lebih lama. Untuk memanen dilakukan saat pagi hari setelah embun mengering. Selamat mencoba budidaya cabe merah dalam polybag yang pertama di atas.