Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag

154973 views

Budidaya Bawang Merah Dalam Polybag

Budidaya bawang merah dalam polybag itu bagaimana sih ? Bumbu utama dalam setiap masakan untuk masyarakat Indonesia ini sangat penting dan harus selalu ada pada setiap dapur. Namun sebenarnya, jika anda mau berusaha sedikit, anda tidak perlu membelinya lagi dengan harga yang lumayan mahal. Ya, anda bisa melakukan budidaya bawang merah dalam polybag di pekarangan anda. Caranya juga tidak terlalu sulit.

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang budidayanya mari berkenalan dahulu dengan bawang merah ini. Nama lain dari bawang merah adalah Allium CepaL VarAggregatum. Ternyata bawang merah juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh manusia, yaitu kalium, serat, vitamin C dan asam folat. Selain itu bawang merah juga mengandung auksin dan giberelin yang berguna sebagai zat pengatur tubuh secara alami. Selain dijadikan bumbu, bawang merah juga bisa dijadikan obat tradisional karena memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri.

Setelah mengenal lebih jauh tentang bawang merah, sekarang kembali pada pembahasan budidaya bawang merah dalam polybag. Sebenarnya, cara budidaya pada polybag ini tidak jauh berbeda dengan menanam pada lahan kebun, bedanya hanya pada tempat menanamnya. Jika anda mulai tertarik untuk melakukan budidaya bawang merah dalam polybag, berikut cara-caranya :

  1. Persiapkan dahulu media tanam

Cara budidaya bawang merah dalam polybag yang pertama adalah mempersiapkan media tanamnya. Media yang dibutuhkan adalah tanah yang gembur, pupuk kandang atau kompos dan arang sekam, dengan perbandingan satu banding satu pada setiap elemennya.Lalu anda juga membutuhkan pupuk SP - 36 sebanyak 3 gram untuk setiap polybagnya dan ditambahkan dengan satu sendok kecil furadan.Setelah tercampur, masukan kedalam polybag dan siram dengan air dan biarkan selama dua hari. Polybag yang biasa digunakan adalah polybag dengan ukuran 30 cm x 40 cm.

  1. Penanaman dan Pemupukan

Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah tentu saja menanamnya. Bibit yang ditanam pada setiap polybagnya sekitar 3 umbi dan jaraknya sekitar 5 cm per umbinya.Tanam umbi hingga bagian lehernya.

Pemupukan yang perlu dilakukan ketika umbi telah ditanam adalah pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK (16 - 16 - 16) sebanyak 1 gram per polybagnya, yang diberikan setiap minggu hingga bawang berusia 6 minggu dengan cara disiram. Tempatkan polybag anda pada tempat yang terkena cukup sinar matahari.

 

Menanam Bawang Merah

Menanam Bawang Merah

  1. Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan budidaya bawang merah dalam polybag, anda cukup menyiramnya satu atau dua kali sehari pada musim kemarau. Yang perlu anda perhatikan, tanaman bawang merah tidak bisa hidup jika kekeringan, dan juga tidak bisa jika tergenang oleh air.Anda bisa memberinya pestisida nabati untuk mencegah hama. Jika bawang sudah berusia sekitar dua bulan, jangan terlalu sering menyiramnya agar bawang cepat tua dan berisi.

  1. Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan jika daun telah 80 % menguning dan leher batang telah gembos atau kosong, dan umbi telah menyembul kepermukaan tanah serta berwarna merah.Jika ingin dikonsumsi, bawang merah bisa dipanen pada usia tiga bulan, dan jika ingin dijadikan benih kembali, bisa dipanen pada usia 100 hari. Anda sebaiknya memanen bawang pada saat hari panas, sehingga tanah menjadi kering dan bawang tidak mudah busuk. Setelah dipanen, jemur dahulu bawang pada sinar matahari agar menjadi kering dan nilai jualnya lebih tinggi

Itulah tips dan cara budidaya bawang merah dalam polybag yang bisa anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara menanam bawang merah secara hidroponik.