Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

42434 views

Anda memiliki lahan di sekitar rumah yang dibiarkan begitu saja? Jangan berpikir bahwa lahan tersebut tidak bisa menghasilkan, karena anda merasa lahan terlalu sempit. Atau mungkin ada sebagian dari anda yang tengah bingung untuk apa lahan sempit yang dimiliki. Inilah saatnya untuk berkreasi. Lahan anda yang sempit tersebut dapat anda manfaatkan untuk berkebun. Selain bisa mendapatkan buah-buahan maupun sayuran dari lahan sendiri, anda juga bisa menghirup udara yang lebih segar. Tentunya rumah anda terlihat hijau, asri dan sejuk.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan anggora keluarga, karena bisa terhindar dari stres akibat rasa bosan akan segala aktifitas harian. Berkebun juga bisa mengisi waktu luang anda menjadi lebih menyenangkan. Pada saat akhir pekan, anda bisa mengajak anak, istri, suami atau anggota keluarga lainnya untuk mengisi liburan yang seru tanpa harus pergi jauh. Kira-kira bagaimana cara Bercocok Tanam Di Lahan Sempit? Simak uraiannya berikut ini :

Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

Bercocok Tanam Di Lahan Sempit

1. Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Dengan Metode Dalam Pot

Metode ini tentunya sudah sangat akrab di telinga anda, biasanya untuk menanam berbagai jenis bunga. Cara ini efektif dan sangat cocok untuk lahan yang tidak terlalu luas. Anda bisa memilih media tanam dengan menggunakan campuran tanah, sekam serta kompos yang memiliki perbandingan 1:1:1. Pot yang digunakan bisa dengan berbahan kayu, tanah liat, logam, plastik, semen yang sebaiknya memiliki alas kaki agar sirkulasi udara dan air lancar. Atau anda bisa juga menggunakan polybag sebagai pengganti pot. Apabila penanaman melalui metode ini, tanaman diletakkan pada lokasi terbuka yang bisa terkena matahari. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik setelah tanam berusia satu bulan, dan pemupukan berikutnya dilakukan setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

2. Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Secara Hidroponik

Hidroponik adalah salah satu cara bercocok tanam tanpa memanfaatkan tanah. melainkan menggunakan air. Dalam mengganti nutrisi yang diperoleh dari tanah, air yang dipakai pada metode ini diberi berbagai unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman. Metode ini juga mempunyai beberapa teknik, dan satu diantaranya yakni teknik hidroponik wick. Teknik penanamannya memakai botol plastik bekas.

Caranya, botol dipotong menjadi dua bagian lalu pada bagian leher botol dilubangi, gunanya untuk memasang sumbu juga aliran udara. Sumbu dipasang di bagian atas botol terlebih dulu sebelum nantinya dibalik lalu dimasukkan ke botol bagian bawah. Bagian atas botol diisi sekam, pecahan bata atau pasir sebagai media tanam. Setelah itu, masukkan bibit yang ingin ditanam dan siapkan campuran air dengan berbagai unsur hara sebagai larutan nutrisi bagi tanaman, kemudian siramkan pada media tanam.

3. Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Dengan Kebun Vertikal

Agar lahan anda yang tidak terlalu luas bisa digunakan untuk berkebun, ciptakan saja kebun vertikal. Caranya dengan menggantungkan tanaman yang ditanam menggunakan pot. Atau bisa juga dengan menanam tumbuhan yang merambat, sehingga anda dapat mengembangkannya  secara vertikal. Anda bisa memanfaatkan paralon bekas sebagai media tanam. Bisa dilakukan dengan cara ditempel, tegak, dibuatkan rak atau tingkatan.

4. Bercocok Tanam Di Lahan Sempit Dalam Kontainer

Anda dapat memanfaatkan kontainer sebagai media tanam. Anda bisa menanam berbagai jenis sayuran di dalam kontainer. Isi kontainer dengan tanah yang bagus dan baik untuk tanaman, letakkan pada area yang bisa dengan cukup terkena sinar matahari. Lakukan penyiraman secara teratur dan secukupnya dan menyiramnya secara teratur.

Selamat mencoba Bercocok Tanam Di Lahan Sempit di atas. Baca juga cara budidaya jahe gajah dalam polybag.