Artikel Cara Menanam Tanaman Hidroponik

30660 views

Metode penanaman secara hidroponik adalah satu diantara berbagai cara bercocok tanam. Pada dasarnya setiap dari tahapannya sama saja, mulai dari penyemaian bibit, penanaman hingga tahapan panen. Hanya saja perlakuannya saja yang berbeda karena media tanam yang dipakai saja sudah berbeda. Pada metode hidroponik tidak menggunakan tanah dan menggantinya dengan media tanam yang lain. Ada banyak sekali artikel cara menanam tanaman hidroponik yang bisa anda jadikan referensi. Sebelum mengetahui cara menanam tanaman hidroponik lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus disiapkan, yaitu :

Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Dengan Botol Bekas

  • Menyiapkan bibit

Untuk langkah yang pertama, tidak berbeda pada metode penanaman tanaman yang lainnya. Namun perlu dilakukan dengan baik karena bibit akan berpengaruh terhadap hasil tanaman. Anda bisa membuat bibit tanaman sendiri atau jika tidak ingin ribet bisa membeli bibit sayuran atau buah di berbagai toko pertanian. Pilihlah benih yang berkualitas bagus.

  • Media Tanam

Terdapat berbagai media tanam yang bisa diterapkan pada metode hidroponik. Rockwool sebagai media tanam yang paling kerap digunakan untuk jenis sayuran. Dan media tanam lain yang dipilih yakni arang, cocopeat, sekam bakar, vermiculite, pasir, perlite, hidroton dan media tanam lainnya. Prinsip dari media tanam ini yang mampu menahan air serta menyerap air.

Baca juga = macam macam media tanam hidroponik

  • Alat dan bahan untuk hidroponik

Berbagai alat yang dibutuhkan untuk menanam dalam metode hidroponik diantaranya, alat ukur dan peralatan lain sesuai teknik yang digunakan. Alat ukur sendiri berfungsi untuk mengukur kepekatan, suhu, kepekatan dari nutrisi serta mengukur kelembapan.

Nutrisi hidroponik merupakan hal yang utama karena memiliki peran yang penting dalam bertanam hidroponik. Nutrisi inilah yang menjadi makanan pokok bagi pertumbuhan tanaman. Nutrisi terdiri atas beberapa unsur hara yang dilarutkan ke dalam air. Anda bisa memperolehnya di toko pertanian yang sudah tinggal digunakan. Selain itu, bisa juga dengan membeli bahan untuk nutrisi larutan dengan meraciknya sendiri.

  • Sistem Hidroponik

Dalam menggunakan metode hidroponik, anda juga harus menentukan dan mempelajari teknik yang akan dipakai. Sehingga penanaman secara hidroponik bisa berjalan dengan tepat dan berhasil. Terdapat 6 teknik dalam menanam secara hidroponik, yaitu Wick System, Water Culture, Flood & Drain, Nutrient Film Technique , Drip System serta Aeroponik.

Baca juga = cara membuat hidroponik sistem NFT

Setelah berbagai alat dan bahan dipersiapkan, langkah selanjutnya yakni proses penyemaian. Kali ini akan menjelaskan penyemaian menggunakan rockwool. Potong rockwool dengan ukuran 2x2x2 (sesuaikan dengan netpot yang akan dipakai). Kemudian rendam ke dalam air dan dianginkan agar tidak terlalu basah. Lubangi dengan tusuk gigi sesuai besarnya benih. Setelah itu lakukan penyemaian dan tutup dengan plastik warna hitam. Tempatkan di lokasi yang teduh antara 1-3 hari. Setelah 3 hari pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari. Dalam tahapan ini gunakan air biasa tanpa larutan nutrisi.

Setelah bibit tumbuh daun kira-kira 3-5 helai maka lakukan pemindahan. Pindahkan pada sistem dari hidroponik yang akan diterapkan. Untuk jenis sayuran, biasanya memakai sistem NFT atau rakit apung juga wick. Lakukan pemindahan dengan perlahan jangan sampai merusak akar dari bibit.

Artikel Cara Menanam Tanaman Hidroponik

Pada minggu pertama, penggunaan larutan nutrisi pada EC rendah dan kenaikan EC disesuaikan kebutuhan tanaman berdasarkan umurnya. Perhatikan kepekatan, suhu juga PH dari larutan nutrisi. Hal tersebut agar bisa disesuaikan dengan tahapan dari pertumbuhan tanaman. Selain itu, perhatikan larutan nutrisi jangan sampai tanaman pertumbuhannya terhambat akibat kekurangan nutrisi.

Demikianlah artikel cara menanam tanaman hidroponik, semoga artikel di atas bisa membantu anda dalam menanam tanaman hidroponik. Selamat mencoba dan semoga sukses. Baca juga cara membuat cocopeat sederhana.