Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana

51872 views

Akhir-akhir ini, artikel cara menanam hidroponik sederhana semakin banyak dicari oleh masyarakat. Ini karena cara menanam secara hidroponik merupakan cara bercocok tanam yang praktis dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan berbagai sayuran bisa dihasilkan dari hidroponik, misalnya seledri, caisim, kemangi, kangkung, bayam, selada, melon, tomat dan paprika. Asal kebutuhan unsur haranya terpenuhi, tanaman hidroponik juga dapat tumbuh dengan baik layaknya yang ditanam dengan media tanah. Selain itu anda bisa memanfaatkan botol bekas atau kaleng bekas untuk menanam kemudian menyusunnya pada rak dan ditempatkan di pekarangan, samping atau halaman rumah yang sempit pun tak masalah.

Pada artikel cara menanam hidroponik sederhana ini akan dibahas tahapan dan kebutuhan apa saja yang diperlukan tanaman hidroponik untuk tumbuh dengan subur. Mula-mula siapkan dulu media tanamnya, kali ini coba dengan botol bekas air mineral yang mudah dijumpai dan mudah dibuat juga. Caranya yaitu :

  • Potonglah botol bekas air mineral menjadi dua bagian
  • Lubangi selebar 1 cm botol bagian atas dan bawah, untuk memudahkan pemberian air nutrisi hidroponik
  • Tentukan teknik anayang akan anda pilih, teknik biasa, ataukah teknik sumbu dan apung yang lebih praktis dalam hal pemberian nutrisi nantinya.
  • Bila menggunakan teknik sumbu buatlah lubang di tengah tutup menggunakan paku kemudian pasangkan sumbu bisa dengan kapas atau kain bekas
  • Atau bila memilih teknik apung, bukalah tutup botol nya untuk nantinya menjadi jalan akar menuju larutan nutrisi
  • Setelah itu, untuk teknik sumbu dan apung isikan terlebih dahulu larutan nutrisi pada botol bagian bawah
  • Pasangkan botol atas secara terbalik sehingga tutup botol mengarah ke bawah
  • Kemudian isikan media tanam penunjang seperti kerikil, pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata, arang, busa, dan lain-lain.

Artikel Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Langkah-langkah cara menanam secara hidroponik :

1. Penyemaian

Siapkan media semai dari bahan rockwool yang bebas hama dan mudah menyerap air. Semailah biji benih ke dalamnya. Siramlah teratur setiap secukupnya saja ingatlah bahwa semua yang berlebihan tidaklah baik. Setelah bibit tumbuh dan berhelai daun 3 hingga 4berarti bibit telah siap dipindahkan ke media tanam

Baca Juga = Cara Budidaya Tanaman Hidroponik

2. Penanaman

Tahapan selanjutnya dari artikel cara menanam hidroponik sederhana ialah penanaman. Apabila bibit telah siap, pindahkan bibit ke media tanam hidroponik dengan hati-hati sehingga akar tanaman tidak rusak.

Penjelasan Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Penjelasan Cara Menanam Hidroponik Sederhana

3. Perawatan tanaman

  • Pastikan tanaman menerima sinar matahari yang cukup, namun jangan secara langsung dan menyengat supaya daun tidak terbakar. Dan juga hindarkan dari guyuran air hujan.
  • Bila anda menggunakan teknik biasa, siramlah setiap pagi dan sore hari dengan air nutrisi secukupnya
  • Bila telah menggunakan teknik sumbu dan apung, maka tidak perlu lagi diberikan air nutrisi kecuali bila pada waktunya habis.

Artikel Terkait = Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol

4. Pemanenan

Untuk pemanenan bisa dilakukan setelah sekitar 1 – 1,5 bulan setelah ditanam. Tergantung pada jenis tanaman apa yang ditanam.

Sebelum menanam, pastikan dulu beberapa hal di bawah ini terpenuhi, karena bila disepelekan akan berdampak buruk terhadap perkembangan tanaman.

  • Air yang baik untuk tanaman.
  • Media tanam yang bebas dari bahan beracun karena berbahaya untuk tanaman, juga memiliki system drainase yang baik serta menjaga agar unsur hara tetap tersedia.
  • Nutrisi untuk tanaman berbentuk cair anda bisa membuatnya atau membeli yang sudah ada di toko pertanian.
  • Yang terakhir adalah oksigen untuk mencegah tumbuhan layu.

Sekian artikel cara menanam hidroponik sederhana, selamat bercocok tanam dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat.