13 Daftar Tanaman Obat Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

27087 views

Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai tanaman obat-obatan herbal. Semakin banyak ilmu yang mengembangkan tanaman herbal, tentu bisa memaksimalkan tanaman obat yang tumbuh subur. Beberapa tanaman obat sangat mudah dijumpai, bahkan bisa ditanam sendiri di lahan yang sempit, atau yang biasa dikenal dengan ‘Apotek Hidup’. Daftar tanaman obat dan khasiatnya ini bisa memperluas pengetahuan anda, sehingga bisa memanfaatkan dan bahkan membuat sendiri obat untuk sakit anda atau keluarga. Jadi anda tidak perlu lagi membeli obat di apotek. Berikut ini adalah daftar tanaman obat dan khasiatnya :


Daftar Tanaman Obat Dan Khasiatnya


1. Kunyit

Kunyit berkhasiat sebagai obat untuk gatal-gatal, memperlancar ASI, mengurangi sakit dan memperlancar menstruasi, tifus, diabetes melliitus, keputihan, mengobati penyakit maag, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Lengkuas

Lengkuas mampu mengobati pusing, rematik, diare, penyakit limpa, bronkhitis, meningkatkan gairah seks, dan masalah jamur kulit seperti panu.

3. Temulawak

Daftar tanaman obat dan khasiatnya yang berikutnya yaitu temulawak. Temulawak dikenal sebagai penambah nafsu makan, mengobati anemia (kurang darah), meluruhkan kencing, menghilangkan nyeri sendi. Selain itu, bisa juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sebagai antioksidan, dan anti radang.

Daftar Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Daftar Tanaman Obat Dan Khasiatnya

4. Kumis kucing

Daun kumis kucing masuk dalam daftar tanaman obat karena bisa menjadi obat batu ginjal, mengobati encok, kencing batu, infeksi pada kandung kemih, rematik dan sembelit.

5. Jahe

Tanaman yang biasanya digunakan sebagai tambahan bumbu dapur ini dikenal sebagai obat masuk angin, sakit kepaka, asma, sakit pinggang, sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Kencur

Tumbuhan bernama ilmiah kaempfiria galangal ini masih masuk dalam jenis jahe-jahean. Manfatnya untuk mengobati batuk, penambah nafsu makan, masuk angin, influenza pada bayi, diare, kelelahan dan bisa melancarkan haid.

Baca JugaTanaman Obat Dan Khasiatnya Beserta Gambarnya

7. Manggis

Buah manggis kaya manfaat baik daging buah maupun kulitnya. Buahnya berkhasiat mengobati ambeien, sariawan, diare, keputihan, borok, sakit gigi, peluruh dahak, dan radang amandel. Sedangkan kulit buahnya kaya antioksidan, biasa digunakan untuk mengobati disentri, sembelit, sariawan, dan lain sebagainya.

8. Lidah Buaya

Daftar tanaman obat dan khasiatnya yang juga tidak kalah penting yaitu lidah buaya. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengobati luka bakar, diabetes mellitus, menurunkan kadar gula darah, batuk, radang tenggorokan, kejang, muntah darah, kencing manis hingga melancarkan haid.

9. Belimbing Wuluh

Buah ini memiliki rasa asam. Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk obat sariawan dan gusi berdarah, obat batuk, sakit gigi, obat gondongan, rematik, dan menghilangkan panu.

10. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur utama masakan orang Indonesia, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya mengobati masuk angin, hipertensi, batuk-batuk, sesak nafas,  asma, sakit kuning, sembelit dan ambeien, obat belekan, juga mengobati gangguan sulit tidur, dan dan masih banyak lagi.

11. Ciplukan

Buah yang enak rasanya ini kini sudah jarang dijumpai, karena jarang ada yang membudidayakan dan juga tidak banyak dijual di pasaran. Manfaat ciplukan antara lain mengobati batuk rejan, gondongan, bronchitis, pembengkakan prostat, kencing manis, diabetes mellitus, mengobati bisul, borok, dan penyakit ayan.

12. Jeruk Nipis

Selain bermanfaat untuk kecantikan rambut dan kulit, jeruk nipis mampu mengobati amandel, batuk, influenza, wasir, sesak nafas, melancarkan haid, mengobati maag, kelelahan dan masalah bau badan.

13. Buah mengkudu

Khasiat mengkudu untuk kesehatan adalah menurunkan tekanan darah tinggi, sakit kuning, influenza, demam, batuk, dan sakit perut.

Itulah tadi 13 daftar tanaman obat dan khasiatnya yang bisa anda manfaatkan dengan maksilan. Semoga bermanfaat. Baca juga tanaman obat asam urat dan kolesterol.